Powered by Blogger.

Wednesday, July 9, 2014

Presiden Imbau Rakyat Menahan Diri Sikapi Hitung Cepat Pilpres


JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengimbau kepada rakyat Indonesia agar menahan diri menyikapi hasil Pemilu Presiden 2014. Seruan tersebut disampaikan Presiden menyikapi klaim kemenangan pilpres oleh kedua kubu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Presiden menilai rakyat telah menunjukkan sikap politik yang baik, sabar, berpartisipasi dan menjaga keamanan selama kampanye hingga pemungutan suara hari ini, Rabu (9/7/2014). Presiden berharap sikap yang sama dilakukan rakyat hingga penetapan hasil resmi oleh Komisi Pemilihan Umum.

"Saya berharap Saudara-saudara kita yang jadi benteng. Ketika situasinya seperti ini, rakyat bisa menahan diri agar tidak ada apa pun yang kita inginkan, seperti bentrokan, kekerasan, horizontal, atau tindakan-tindakan yang menimbulkan gangguan keamanan," kata Presiden saat jumpa pers di Cikeas, Bogor, Rabu sore.

Presiden mengaku sudah menginstruksikan jajaran Polri agar bersama rakyat menjaga keamanan dan kedamaian di Indonesia. SBY berharap tidak ada perbedaan yang mendasar dalam menyikapi hasil pilpres dan semua pihak bisa merujuk hasil resmi dari KPU.

"Selamat atas pemungutan suara yang damai, aman, tertib, lancar. Tugas belum rampung, masih ada hari-hari mendatang," kata Presiden.

Dalam pidatonya, Presiden juga berharap agar pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla berserta tim sukses masing-masing bisa menahan diri hingga penetapan pemenang oleh KPU pada 22 Juli mendatang.

Sebelumnya, kubu Jokowi-JK lebih dulu mendeklarasikan kemenangan berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga. Deklarasi itu dilakukan di kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Belakangan, kubu pasangan Prabowo-Hatta juga melakukan hal yang sama dengan rujukan lembaga survei lain. Deklarasi itu dilakukan di Rumah Polonia, Jakarta.
author
SAIFUL ANWAR
Owner Autopostbisnis.com - SMS/WA: 081233719846